3 Perbedaan Tali ID Card Polos dan Tali ID Card Printing

3 Perbedaan Tali ID Card Polos dan Tali ID Card Printing

Kartu tanda pengenal atau ID Card dari Gedung, perusahaan atau organisasi tempat kalian bekerja sudah menjadi barang yang wajib dikenakan atau dipakai setiap hari karena ID card memiliki fungsi untuk menunjukan identitas dan juga biasanya berfungsi sebagai akses masuk ke dalam ruangan atau akses menggunakan lift di Gedung.

Banyak cara untuk mengenakan ID card, ada pegawai yang memilih untuk menggantungnya di leher, ada juga yang menggantungnya di saku kemeja atau saku celana, ada juga yang tidak mengenakannya sama sekali dan baru menunjukannya kepada petugas ketika diminta untuk memperlihatkan identitas tersebut.

Biasanya komponen yang ada di ID card adalah kartu tanda pengenal, card holder, serta tali ID card, kalau diperhatikan tali ID card terdiri dari beragam jenis serta memiliki perbedaan tali id card polos dan printingtali ID card yang tidak polos biasanya ditambahkan identitas perusahaan berupa tulisan dan logo sehingga mudah dikenali.

perbedaan tali id card polos dan printing

Perbedaan Mencolok Tali ID Card Polos dengan Printing

Tali ID card biasanya berbentuk seperti pita yang memiliki ukurn antara 1 centimeter sampai dengan 2,5 centimeter. Bahan yang digunakan bisa berupa bahan sintesis seperti polyester tube yang menyerupai bahan sarung, polyester nylon yang mengkilap ketika terkena cahaya, serta polyester tissue yang bertekstur halus ketika disentuh.

Berbagai tali berbahan polyester ini bisa digunakan dalam bentuk polos berwarna, ditambahkan sablon sederhana atau bahkan dicetak gambar atau motif tertentu. Berikut ini beberapa hal yang mencolok dari perbedaan tali id card polos dan printing.

1. Harga produksi yang berbeda

ID card yang menggunakan tali polos memiliki biaya produksi yang lebih murah dibandingkan dengan tali ID card yang diprinting. Jika perusahaan atau organisasi kalian memiliki budget yang terbatas sebaiknya memilih tali ID card yang polos.

Untuk masalah warna kalian bisa atur agar warna tali ID card yang polos menyesuaikan warna dominan logo perusahaan atau organisasi kalian. Kalau perusahaan atau organisasi kalian memiliki budget yang cukup, kalian bisa menyablonnya atau memprintingnya, tetapi harus diingat usia tali ID card yang disablon lebih pendek dibandingkan dengan tali id card yang diprint.

2. Fleksibilitas yang berbeda

Jika menggunakan tali ID card polos, kalian bisa dengan mudahnya mengganti sesuai dengan keinginan, apalagi tali ID card polos biasanya dijual secara bebas dengan harga yang murah, yang perlu kalian perhatikan adalah kait atau hook dari tali ID card, apakah cocok dengan card holder yang kalian miliki atau tidak.

Baca juga: 3 Alat yang Wajib Kamu Miliki untuk Mencetak Tali ID Card

Sementara itu, tali ID card yang diprinting memiliki motif yang khusus dan tidak dijual dengan bebas, biasanya harus memintanya kepada bagian SDM dari perusahaan atau organisasi kalian jika tali ID card kalian rusak atau hilang.

3. Kebanggaan akan Identitas Perusahaan atau Organisasi

tali ID card polos

Motif atau sablon pada tali ID card merupakan identitas perusahaan atau organisasi, dengan menggunakan tali ID card bersablon atau bermotif kalian akan terlihat bangga terhadap perusahaan atau organisasi kalian mengabdi, orang lain juga akan mudah mengetahui dimana kalian bekerja.

Sedangkan bila menggunakan tali ID card polos, sulit untuk orang lain mengetahui dimana kalian bekerja atau mengabdi.

Baca juga: 7 Tips Mendesain Tali Lanyard Full Color

Itulah tiga perbedaan tali id card polos dan printing yang perlu kalian perhatikan ketika memutuskan untuk membeli atau mendesain tali ID card perusahaan atau organisasi.

Perlu diingat bahwa ID card dan kelengkapannya juga memiliki fungsi komunikasi sehingga ada baiknya jika memilih menggunakan tali ID card yang mencantumkan nama perusahaan atau organisasi.