Masih Bingung Dengan Perbedaan Spanduk dan Banner? Simak 4 Perbedaannya Berikut!

Masih Bingung Dengan Perbedaan Spanduk dan Banner? Simak 4 Perbedaannya Berikut!

Masih Bingung Dengan Perbedaan Spanduk dan Banner

Source via : Teatreeguillylibrary.com

Demi kepentingan sebuah perusahaan, banyak sekali media promosi yang bisa digunakan untuk memasarkan produk atau jasa suatu perusahaan agar diketahui masyarakat dalam cakupan yang luas. Salah satunya yang yang masih eksis digunakan sampai saat ini adalah banner dan spanduk, karena dianggap paling murah dan simpel. Namun masih banyak yang bingung dengan perbedaan spanduk dan banner karena bentuknya yang sama-sama dua dimensi.

Perbedaan Spanduk dan Banner

Walaupun sekilas terlihat sama, namun spanduk dan banner memiliki perbedaan yang bisa dilihat dari beberapa faktor. Faktor tersebut meliputi ukurannya, bahan, cara pemasangan serta alat yang digunakan untuk mencetak seperti berikut

1.Ukuran

 

1.Ukuran

Source via : Fiverr.com

Perbedaan yang paling mudah dikenali adalah dari ukurannya, karena bentuk spanduk identik memanjang horizontal, sementara banner berbentuk vertikal. Baik spanduk ataupun banner memiliki ukuran yang beragam terkait kebutuhannya.

Untuk spanduk, secara umum berukuran 80cm x200 cm untuk yang paling kecil, hingga ukuran 150cm x 300 cm untuk yang paling besar. Sementara itu, untuk banner yang berbentuk horizontal variasi ukurannya mulai 60 cm x 160 cm, hingga 80cm x 200 cm. Namun jika kebutuhan spanduk atau banner mengharuskan ukuran yang lebih besar, maka ukurannya tersebut bisa saja melebihi 300 cm.

2.Peletakan

2.Peletakan

Source via : Bennerexcerts.co.uk

Perbedaan antara spanduk dan banner juga bisa dilihat dari peletakannya, di mana spanduk seringkali dipasang dengan cara diikat, sehingga setiap sudutnya biasanya dibuat lubang khusus untuk merekatkan tali.  Hal ini membuat tempat peletakan spanduk lebih fleksibel, bisa digantung, di tempel pada batang pohon, ataupun dikaitkan pada batu dan ranting.

Sementara itu untuk peletakkan banner adalah dengan membiarkannya berada dalam posisi berdiri menggunakan bantuan penyangga membentuk segitiga. Walaupun praktis namun pemasangan banner lebih memberikan kesan formal pada iklan yang dipasang, sehingga sering diletakkan dalam ruangan kantor, bank, ataupun puskesmas.

3.Bahan

Walaupun bahannya banyak yang sama, namun perbedaan spanduk dan banner masih bisa dilihat dari beberapa bahan yang sering digunakan keduanya. Hal ini berkaitan dengan peletakan spanduk yang identik fleksibel di luar area, dan banner yang lebih formal di dalam ruangan.

Spanduk seringkali dibuat menggunakan bahan flexi yang memiliki daya tahan kuat dan fleksibel dengan beragam jenisnya, seperti flexi China yang paling murah, ataupun flexi Jerman. Selain flexi, bahan lain yang sering digunakan adalah cloth banner yang menyerupai kain, karena lebih praktis dan ringan dibawa ketika dilipat.

Sementara itu, banner biasanya menggunakan bahan albatros karena memiliki kualitas gambar yang sangat bagus jika diletakkan di dalam ruangan. Selain albatros, spanduk juga bisa menggunakan bahan PVC yang sangat kaku dan tidak mudah sobek.

4.Alat Cetak

Alat Cetak

Source via : Ecw.com

Secara umum mesin cetak spanduk dan banner memiliki kesamaan yakni menggunakan digital printing, namun formulasi serta ketahanan hasil cetakan dari digital printing inilah yang menjadi perbedaan antara spanduk dan banner. Untuk spanduk sering kali di cetak dengan digital printing outdoor seperti Flora LJ dan Roland. Sementara untuk banner biasa dicetak dengan digital printing indoor yang hasilnya tidak tahan terhadap matahari dan hujan sehingga harganya lebih murah.

Dengan melihat perbedaan spanduk dan banner ini, maka akan ditemukan beberapa keunggulan dan kelemahan masing-masing. Agar penggunaannya lebih maksimal, maka pilihlah salah satu media promosi sesuai dengan kebutuhannya, seperti jangka waktu pemasangan, ataupun area peletakannya seperti di luar ataupun dalam ruangan.