Jangan Sampai Terlewat! Informasi Yang Wajib Ada Pada ID Card

Jangan Sampai Terlewat! Informasi Yang Wajib Ada Pada ID Card

Jangan Sampai Terlewat! Informasi Yang Wajib Ada Pada ID Card

Id card merupakan kartu yang penting sekali dimiliki saat ini, baik kartu kependudukan resmi sebuah negara maupun kartu keanggotaan pelajar atau pekerja yang fungsinya untuk menunjukkan identitas diri agar mudah dikenali serta diakui oleh institusi yang berkaitan. ID card dalam pemakaiannya biasanya digantungkan menggunakan tali id card agar mudah terlihat juga agar tidak mudah hilang.

Informasi Wajib Dalam ID Card

Dalam id card umumnya ada tertuang beberapa informasi wajib untuk memperkuat identitas. Adapun informasi wajib yang harus ada dalam id card di antaranya:

1. Nama lengkap

Dalam ID card tidak cukup jika dituangkan nama panggilan saja, nama lengkap pun perlu dilampirkan untuk memastikan kebenaran kepemilikan nama. Hal ini untuk menghindari kesalahan mengenali orang karena tidak sedikit antara satu dan orang lainnya memiliki nama yang sama.

2. Tempat tanggal lahir

Informasi kedua yang wajib dilampirkan dalam ID card adalah tempat dan tanggal lahir. Informasi ini sangat penting untuk mengenali pemilik kartu dengan baik.

Baca juga : Yuk Ketahui metode Digital printing Untuk Lanyard Yang Benar

3. Status

Status hidup seperti menikah/ lajang/ bercerai biasanya cukup penting dilampirkan di kartu kependudukan yang ke depannya berfungsi untuk data sensus.

4. Jabatan

Untuk kartu perusahaan atau lembaga, jabatan sangat penting sekali dituangkan dalam ID Card karena dengan adanya informasi ini orang lain dapat mudah mengenali seseorang dan berkomunikasi sesuai dengan jabatan yang tertera dalam id card.

5. No induk

Nomor induk sangat penting sekali diinformasikan dalam ID card untuk mengetahui nomor seseorang. Nomor induk ini dapat merupakan no induk kependudukan, no induk pegawai atau bahkan no induk mahasiswa dan siswa tergantung kartu tersebut digunakan untuk kepentingan apa. No induk ini juga dapat diubah menjadi barcode yang dengan bantuan teknologi dapat digunakan untuk sistem presensi bukti masuk ke dalam gedung perkantoran maupun gedung perkuliahan. Kegunaan tali id card dalam hal ini sangat penting yaitu untuk memudahkan presensi. Jadi saat pegawai atau pelajar hendak presensi, mereka hanya perlu mengangkat kartu yang digantungkannya ke bawah detektor tanpa harus repot-repot mengeluarkan kartu dari dompet terlebih dahulu.

6. Foto pemilik kartu

Foto pemilik kartu termasuk salah satu informasi yang sangat penting dilampirkan dalam id card untuk keamanan yang lebih ketat lagi. Hal ini akan meminimalisir terjadinya penipuan yang sering dilakukan oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab. Adanya foto dalam ID card dapat membantu orang lain mengenali dan memastikan bahwa pemegang kartu sesuai dengan foto yang ada dalam kartu tersebut.

7. Logo institusi/lembaga/perusahaan

Logo tempat di mana ID card tersebut diproduksi dan digunakan sangat penting untuk membuat orang lain mengenali di mana tempat seseorang bekerja. Logo ini juga untuk menunjukan kredibiltas sebuah lembaga, perusahaan maupun institusi dalam mengurus sistemnya termasuk dalam pembuatan ID card keanggotaan.

8. Tanda tangan

Tanda tangan merupakan informasi yang juga penting untuk memperkuat otentisitas identitas pemilik kartu sehingga data yang tertuang di dalam kartu semakin kuat.

Seseorang dalam hidupnya minimal memiliki satu ID card wajib yaitu ID card kependudukan negara. Biasanya ID card ini tidak memerlukan tali id card karena kartu kependudukan justru sifatnya lebih privatif dan hanya digunakan untuk keperluan tertentu saja. Berbeda dengan kartu pekerja atau kartu kegiatan yang harus selalu terlihat apalagi selama pekerjaan atau kegiatan sedang berlangsung karena kartu ini sangat perlu diperlihatkan untuk menunjukkan identitas dan keanggotaannya dalam suatu lembaga.