4 Jenis Mesin Cetak yang Paling Sering Digunakan Beserta Fungsinya

4 Jenis Mesin Cetak yang Paling Sering Digunakan Beserta Fungsinya

4 Jenis Mesin Cetak yang Paling Sering Digunakan

source via : ruangariskreasi.wordpress.com

Industri percetakan berkembang dengan sangat pesat seiring dengan semakin majunya dunia teknologi. Kebutuhan akan percetakan dalam kehidupan sehari-hari juga kian beragam yang menuntut pula adanya macam macam mesin cetak dan fungsinya yang sesuai. Dari mulai untuk hal yang paling sederhana seperti printer biasa, hingga yang lebih kompleks seperti offset dan gravure, semuanya adalah evolusi teknologi mesin cetak yang semakin mutakhir.

Menurut fungsi dan jenisnya, setidaknya ada empat mesin cetak yang paling umum digunakan. Di tengah era digital yang kian kental sekarang, mesin cetak ini sudah menjadi kebutuhan pokok untuk menciptakan sebuah produk yang tepat. Baik berupa banner, poster, packaging, dan lain sebagainya. Dapat dikatakan, mesin cetak memegang peranan yang sangat krusial dalam industri digital.

Macam macam mesin cetak dan fungsinya yang Paling Umum Digunakan

Mesin untuk mencetak buku, tentu berbeda dengan mesin yang digunakan untuk mencetak banner atau spanduk. Dan mesin cetak untuk mencetak ukiran pada teknik furniture, juga tentu tidak sama dengan mesin cetak untuk mencetak kalender pada umumnya. Mesin cetak dibedakan berdasarkan spesifikasinya masing-masing.

Secara umum, berikut adalah empat jenis mesin cetak yang paling umum digunakan dalam kehidupan sehari-hari;

Mesin Cetak Digital Printing

Digital printing mungkin adalah salah satu jenis mesin cetak yang  paling all in. Hampir semua jenis kebutuhan percetakan yang umum, dapat dicetak dengan mesin ini. Brosur, leaflet, pamflet, kalender, spanduk hingga poster dapat dicetak menggunakan mesin digital printing.

Sistem pengoperasiannya yang sudah sangat canggih membuat mesin ini semakin mudah digunakan. Dengan sistem digital yang keseluruhan pengaturannya dapat disetting di layar komputer, mesin ini adalah salah satu mesin cetak yang paling populer penggunaannya di masyarakat.

Mesin Cetak Digital printing

source via : membuatwebsite.biz

Mesin Cetak Offset

Pada bisnis percetakan naskah atau buku, mesin cetak offset adalah rajanya. Fungsi utama dari mesin cetak jenis ini adalah kemampuannya mencetak dalam jumlah order yang tinggi. Selain itu, biaya operasional percetakan yang ekonomis juga memungkinkan mesin ini menjadi pilihan utama industri percetakan.

Mesin cetak offset juga terbagi beberapa macam, misalnya mesin cetak offset besar, sedang dan kecil. Jenis-jenis mesin cetak offset dipilih berdasarkan spesifikasi penggunaannya dalam kehidupan sehari-hari.

Mesin Cetak Gravure

Gravure dapat dikatakan sebagai mesin cetak terbaik untuk menghasilkan objek hasil cetak yang tajam. Fungsi utama dari mesin cetak jenis gravure ini adalah untuk menciptakan hasil ukiran yang presisi pada industri kerajinan atau ukiran furniture. Para pengusaha furniture pada umumnya sudah sangat akrab dengan mesin cetak gravure untuk menciptakan produk ukiran mereka yang sempurna.

Mesin Cetak Flexography

Yang terakhir adalah mesin cetak flexography. Mesin cetak ini berfungsi untuk mencetak kemasan produk pada berbagai industri apa pun yang membutuhkan packaging menarik untuk branding. Mesin yang satu ini hampir dapat mencetak gambar dan tulisan pada berbagai media cetak apa pun. Termasuk di antaranya kantong plastik, karton, karung dan lain sebagainya.

Dengan semakin majunya industri di berbagai sektor, kebutuhan penggunaan mesin cetak untuk membuat kemasan sebagai media branding juga semakin tinggi. Dan itu sangat terbantu dengan adanya mesin cetak flexography yang secara khusus mampu mencetak hasil maksimal di berbagai media cetak packaging untuk promosi.

Dengan mempergunakan macam macam mesin cetak dan fungsinya yang ideal dan sesuai dengan kebutuhan, akan diperoleh pula output produk yang sempurna dan optimal. Output produk yang optimal pada akhirnya akan mampu menaikkan nilai jual maksimal dari suatu produk yang dipasarkan.