3 Alat yang Wajib Kamu Miliki untuk Mencetak Tali ID Card

3 Alat yang Wajib Kamu Miliki untuk Mencetak Tali ID Card

3 Alat yang Wajib Kamu Miliki untuk Mencetak Tali ID Card

Menjadi panitia acara bukanlah suatu tanggung jawab yang mudah. Ada banyak hal yang harus kamu persiapkan agar acaramu bisa berjalan dengan baik. Misalnya menyusun panitia acara, membagi job disk panitia, atau mempersiapkan peralatan dan atribut yang dibutuhkan oleh panitia. Beberapa peralatan dan atribut yang wajib dipakai oleh panitia dalam acara adalah seragam panitia, kertas rundown, dan ID card. Ngomong-ngomong soal ID card, tentunya tak bisa terlepas dari tali lanyard untuk memasang ID card kamu. Tanpa adanya tali, ID card kamu tentu tak bisa terpasang. Untuk bisa memiliki tali pemasang ID card ini, kamu bisa mendapatkannya dengan cara membeli atau mencetaknya sendiri. Nah, bila kamu mencoba cara yang terakhir, maka kamu harus memiliki beberapa peralatan untuk mencetak tali pemasang ID card berikut ini. Check it out!

3 Alat Untuk Percetakan Tali ID Card

Printer Digital

3 Alat yang Wajib Kamu Miliki untuk Mencetak Tali ID Card

Alat pertama yang wajib kamu miliki apabila ingin mencetak tali ID card adalah mesin printer digital. Mesin ini nantinya akan berfungsi sebagai pencetak desain maupun motif yang ada pada tali kamu secara digital, sehingga lebih mudah dan praktis saat digunakan. Namun, sebelum kamu memutuskan untuk membeli alat ini, kamu bisa mempertimbangkan beberapa hal seperti memilih mesin print digital yang sesuai dengan kebutuhanmu. Kamu juga perlu membandingkan harganya, spesifikasi alatnya, dan lain sebagainya sebelum memutuskan untuk membeli. Pastikan bahwa mesin print digital yang akan kamu beli sesuai dengan kebutuhan dan harganya terjangkau.

Mesin Press

3 Alat yang Wajib Kamu Miliki untuk Mencetak Tali ID Card

Alat selanjutnya yang kamu butuhkan untuk membuat tali ID card adalah mesin press. Mengapa kamu memerlukan alat ini? Karena alat ini memiliki fungsi sebagai pemindah hasil cetakan kamu dari printer digital ke media tali yang akan kamu buat. Desain yang kamu buat akan disublimasi ke media tali, kemudian ditekan dengan mesin press ini menggunakan tekanan suhu yang panas. Maka dari itu, tak heran bila mesin ini berukuran cukup besar karena berbentuk seperti mesin roll. Pada saat kamu memindahkan hasil cetakan kamu dari printer, maka mesin ini akan menggulung hasil cetakan talimu secara otomatis sehingga kamu bisa mendapatkan hasil cetakan yang berwarna-warni.

Alat Sablon

3 Alat yang Wajib Kamu Miliki untuk Mencetak Tali ID Card

Bila sebelumnya kamu dikenalkan pada peralatan mesin cetak tali yang modern, maka kini kamu akan diperkenalkan pada mesin cetak tali menggunakan metode konvensional. Metode apakah itu? Yap! Metode cetak sablon. Tahukah kamu apa itu mesin cetak sablon? Mesin cetak sablon atau yang biasa disebut sebagai alat cetak manual adalah salah satu alat percetakan menggunakan metode manual dalam proses pengerjaannya. Jadi, selama proses mencetak desain tali lanyard kamu harus melakukan beberapa langkah seperti berikut:

Baca juga : Percetakan Tali ID Card Murah Dan Terbaik di Jakarta

Pertama, cetaklah desain yang telah kamu buat di komputer pada selembar kertas kalkir. Cetakan desain yang telah dipindahkan di kertas kalkir inilah yang nantinya akan digunakan untuk membuat film pada screenKemudian, campurkan beberapa larutan khusus untuk mendapatkan hasil sablon film yang berkualitas. Jangan lupa untuk menyesuaikan ukuran cetakan screen dengan ukuran tali kamu. Misalnya, screen dibentuk memanjang dan ramping, atau memanjang dan lebar. Mencetak desain tali menggunakan alat ini tentu memiliki kekurangan. Kamu tidak bisa mencetak tali dengan pewarnaan penuh, karena alat ini hanya memungkinkanmu untuk mencetak tali dalam beberapa warna tertentu. Namun, untuk daya tahan dan keawetan hasil cetakannya tak perlu diragukan karena dijamin lebih tahan lama dibandingkan hasil cetakan menggunakan mesin digital print.